Gara-gara nonton LOTJ: Abalone

Yap, gara-gara nonton Law of The Jungle (LOTJ), sebuah reality show Korea, gue kepo sama yang namanya Abalone. Hampir setiap syuting di laut, mereka sering makan ini. Meskipun hanya di bakar dan ditaburi garam. Sebelumnya sih pernah dengar tentang makhluk ini di drama korea Jewel in The Palace (JITP). Tapi belum punya hasrat buat cari tahu. Setelah nonton LOTJ, baru deh penasaran. Meskipun pada awalnya kurang menarik lihat penampakannya 😀

Di dalam acara tersebut, disebutkan bahwa Abalone merupakan makanan sumber protein yang bagus buat tubuh. Salah satu peserta LOTJ bahkan bercerita bahwa betapa mahalnya 1 porsi Abalone di Korea. Di resto Indonesia aja, makanan ini bisa seharga 1 jutaan untuk tiap porsinya. Bahkan ada juga yang harganya diatas 10 juta, khusus Abalon kering. *Wew :p (mending gue nabung dah buat naik haji. hehe). Pantas saja, ternyata nih ya, makhluk yang satu ini dikenal sebagai salah satu makanan utama dan prestise terutama di kalangan keturunan Tionghoa, Jepang dan Amerika.

Dikutip dari Wikipedia, Abalone (berasal dari bahasa Spanyol, Abulón) merupakan spesies kerang-kerangan (Moluska) yang berasal dari famili Haliotidae dan genus Haliotis. Ia dikenal sebagai kerang mata tujuh atau siput balik batu (karena hidupnya menempel di batu).

Abalone bergerak sangat lambat dengan menggunakan satu organ yaitu kaki. Ia merupakan hewan herbivora pemakan makroalga (seaweeds) dan mikroalga. Dilihat dari fisiknya, ukuran tubuhnya berbeda-beda, mulai dari 20 (Haliotispulcherrima) sampai 200 mm atau lebih (Haliotis rufescens).

Abalone banyak terdapat dalam laut perairan dingin yang memiliki empat musim, seperti Australia, Selandia Baru, Chili dan Afrika Selatan. Hanya sedikit yang hidup di daerah tropis seperti Indonesia. Di Indonesia sendiri, spesies Haliotis squamata, bisa dijumpai di wilayah Lombok, Sumbawa, Sulawesi, Maluku dan Papua.

Jadi kesimpulannya, nonton LOTJ ada manfaatnya. Gue jadi searching tentang hewan ini. Alhamdulillah yah, nambah wawasan. Setiap selesai nonton adegan mereka makan seafood, gue mupeng 🙂

Insya Allah, tulisan tentang efek nonton LOTJ akan gue lanjutin di kesempatan lain. Udah gue list apa aja yang mau gue explore *Gitu dong, nonton korea itu cari yang nambah wawasan. Mudah-mudahan rajinnya kumat ya, kayak hari ini. Hahaha.

*lanjut nonton episode lain 😀

 

-Desmau-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s