Obat cemas, takut dan khawatir

Sedikit catatan tentang tadabbur surat Ali Imran, kamis pagi di AQL, Tebet.

Kenapa seseorang itu suka bersedih berkepanjangan? atau cemasnya setiap waktu?

kata ustadz, itu karena dia tidak jujur melihat dirinya sendiri, ia tidak jujur dan tidak berani melihat kesalahan-kesalahannya, melihat dosa-dosanya. Kalau ia jujur, dan segera bertobat atau istighfar, maka rasa cemas itu tidak akan lama. Karena Allah pun telah berfirman didalam Al Qur’an surat An Nisaa’ ayat 79, bahwa Allah tidak pernah menzolimi manusia, tetapi manusia itu sendiri yang menzolimi dirinya sendiri. Artinya, musibah yang terjadi pada kita itu asalnya dari kesalahan kita sendiri.

Selain itu, mengapa orang suka cemas, khawatir atau takut ketika menghadapi sesuatu yang menurut pandangan matanya, akan membuat dia kalah atau hancur?

kata ustadz, itu karena dia terlalu mengandalkan otaknya untuk menyelesaikan masalah. Coba ngandelin Allah, minta tolong sama Allah, dia nggak akan merasa cemas dan ketar-ketir. Karena segala kekuatan hanya milik Allah. Manusia itu pada dasarnya adalah makhluk yang lemah, bodoh dan kebingungan. Mudah bagi Allah mencabut kesulitan, mencabut kekuatan atau mencabut kekuasaan dari manusia.

Jangan gentar bila melihat orang atau kelompok lain yang besar jumlahnya, canggih persenjataannya, atau punya kenalan orang-orang hebat, karena sesungguhnya yang menciptakan mereka juga Allah, mudah bagi Allah untuk menghancurkan mereka dalam sekejap mata.

Jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu.

*Desmau

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s